Pengenalan Bioinformatika

Bioinformatika merupakan sebuah disiplin ilmu baru yang mencakup penyimpanan data DNA, pemodelan skuen biologi, analisis kemungkinan penyebab suatu penyakit hingga pemahaman dan pemodelan sejarah evolusi kehidupan. istilah yang paling umum dikenal terkait bioinformatika adalah Biologi komputasi atau Komputasi Biologi Molekuler.

Bioinformatika mempelajari penyimpanan, manipulasi dan interpretasi data biologi terutama data asam nukleat dan asam amino serta mempelajari aturan dan sistem molekuler yang mengatur atau mempengaruhi struktur, fungsi, dan evolusi berbagai bentuk kehidupan dari pendekatan komputasi. Kata ‘komputasi’ tidak berarti hanya menggunakan ‘komputer’, tetapi mengacu pada analisis data dengan metode matematika, statistik, dan algoritma, yang sebagian besar perlu diimplementasikan dengan program komputer. Karena biologi komputasi atau bioinformatika mempelajari biologi dengan data kuantitatif, sehingga ada juga orang yang menyebutnya sebagai biologi kuantitatif.

Untuk mempelajari Bioinformatika seseorang harus memiliki pengetahuan mendasar tentang biologi, seperti skala, waktu, pengetahuan tentang sel, DNA, Kromosom, Dogma sentral, gen, genom, DNA Microarray dll. Selain itu perlu juga pengetahuan mengenai statistika dasar seperti peluang, variabel acak, sampling acak, mean , hepotesis, analisis variance, regresi dll.

Mungkin untuk saat ini itu saja yang bisa admin share, next artikel terkait bioinformatika akan adamin share pada kategori Bioinformatika, jadi yang rajin berkunjung ke web ya.. 🙂

admin

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *