Apa itu bakteri?

 Apa itu bakteri?

Bakteri adalah mikroorganisme bersel tunggal. Struktur selnya lebih sederhana daripada organisme lain karena tidak ada nukleus atau organel terikat membran. Sebaliknya pusat kendali mereka yang berisi informasi genetik terkandung dalam satu lingkaran DNA. Beberapa bakteri memiliki lingkaran tambahan materi genetik yang disebut plasmid. Plasmid sering mengandung gen yang memberi keuntungan pada bakteri dibandingkan bakteri lain. Misalnya mengandung gen yang membuat bakteri resisten terhadap antibiotik tertentu.

Bakteri diklasifikasikan menjadi lima kelompok sesuai dengan bentuk dasarnya: bola (cocci), batang (basil), spiral (spirilla), koma (vibrios) atau pembuka botol (spirochaetes). Mereka bisa eksis sebagai sel tunggal, berpasangan, rantai atau cluster.


source: microbiologysociety

Bakteri ditemukan di setiap habitat di Bumi: tanah, batu, lautan, dan bahkan salju Arktik. Beberapa tinggal di atau pada organisme lain termasuk tumbuhan dan hewan termasuk manusia. Ada sekitar 10 kali lebih banyak sel bakteri daripada sel manusia dalam tubuh manusia. Banyak dari sel-sel bakteri ini ditemukan melapisi sistem pencernaan. Beberapa bakteri hidup di tanah atau pada tanaman mati di mana mereka memainkan peran penting dalam siklus nutrisi. Beberapa jenis menyebabkan pembusukan makanan dan kerusakan tanaman tetapi yang lain sangat berguna dalam produksi makanan fermentasi seperti yoghurt dan kecap. Bakteri yang relatif sedikit adalah parasit atau patogen yang menyebabkan penyakit pada hewan dan tumbuhan.

admin

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *